Tips agar makanan tidak mudah basi

Tips Menyimpan Makanan Agar Tak Cepat Basi [ www.BlogApaAja.com ]
Makanan kerap diolah dalam takaran berlebih dari kebutuhan.Daripada sayang bila dibuang, lebih baik makanan disimpan, tentu dengan carayang benar agar tidak lekas basi.
Mengetahui cara menyimpan makanan dengan baik memungkinkannya bertahanlama selain menjauhkan Anda dari pemborosan uang untuk keperluan makan. Denganini, manfaat lain yang bisa didapatkan adalah mencegah kuman masuk yangmengakibatkan makanan cepat basi.

Proses penyimpanan makanan sangat memegang peranan penting dalammemastikan konsumsi makanan bergizi. Bahkan, tips ini membantu Andaterhindar dari risiko keracunan makanan. Untuk menghindari hal demikian, lebihbaik perhatikan tips berikut ini, seperti diulas Boldsky:

1. Gunakan wadah kedap udara untuk penyimpanan makanan yang lebihaman. Namun, jangan segera ditutup bila makanan tersebut masih dalam keadaanpanas.

2. Jangan menyimpan makanan di luar ruangan dalam waktu lama.

3. Selalu menjaga area penyimpanan makanan. Usahakan tempat menyimpanmakanan dalam keadaan bersih dan berada di udara kering sehingga kuman maupunbakteri tidak mudah berkembang biak.

4. Pilih tempat penyimpanan makanan yang baik terutama pada variasi suhuyang berkembang.

5. Untuk menyimpan makanan, sebaiknya pilih kualitas tempatpenyimpanan yang baik, seperti bahan alumunium, plastik, atau kertas. Tempatlainnya juga bisa berbahan botol maupun gelas plastik untuk menyimpan makananmatang maupun mentah.

6. Jika kemasan sudah dibuka, terutama mengandung bahan gula sepertibuah-buahan kering dan kacang-kacangan, sebaiknya simpan di dalam wadah kedapudara untuk melindunginya dari kotoran.

7. Jauhkan makanan mentah dari makanan yang sudah dimasak.

8. Simpan selalu makanan mentah di bagian bawah kulkas.

9. Jangan menyimpan makanan di dekat produk yang mengandung bahan kimia,seperti sabun dan deterjen.

10. Beberapa makanan jika dibuka perlu diperhatikan cara untukmembungkusnya kembali, apalagi disimpan di dalam kulkas.

11. Lebih baik ntuk menyimpan makanan sisa yang dimasak dengan hati-hatisehingga aman untuk dimakan kemudian.

0 Response to "Tips agar makanan tidak mudah basi"

Posting Komentar